Monday, August 31, 2020

Mengenal Tanaman Nanas (Ananas comosus)

mengenal morfologi buah nanas

Nanas (Ananas cosmus) merupakan tanaman dan buah yang cukup popular di Indonesia. Nanas banyak menghiasi pesta-pesta sebagai pencuci mulut. Buah nanas hamper bisa dijumpai kapan saja tanpa mengenal musim. Tanaman termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan dan tidak “rewel”. Daerah-daerah dengan tanaman nanas yang banyak di Indonesia adalah Palembang, Riau, Jambi, Bogor, dan Subang.

Secara umum BUAH NANAS digunakan sebagai buah meja (dikonsumsi segar) dan juga buah kalengan. Kultivar untuk buah segar adalah Nanas Palembang dan Nanas Bogor, sementara yang banyak digunakan sebagai buah kalengan adalah Nanas Ceyene. Rasanya terkenal enak dan produskinya cukup tinggi.

Selain sebagai buah, nanas juga memiliki khasiat sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit  

Nanas Bogor disebut dengan Nanas Nambo. Ketika sudah matang, kulit buahnya berwarna kuning dengan mata yang berlekuk ke dalam. Daging buah berwarna kekuningan dan berserat halus. Memiliki rasa yang enak dan manis.

Nanas Palembang bersal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Banyak yang mengatakan bahwa Nanas Palembang merupakan subkultivar dari Nanas Bogor sehingga memiliki ciri-ciri yang hamper sama dengan Nanas Bogor.

Selain kedua nanas unggul diatas, terdapat pula beberapa nanas lokal yang tidak kalah dengan nanas-nanas diatas. Beberapa diantaranya adalah Nanas Semarang, Nanas Banten, Nanas Subang, Nanas Kediri/Blitar, Nanas Tembaga, dan Nanas aceh.

Sumber artikel: Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung

Sumber gambar: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2020/03/11/1154999/540x270/8-manfaat-nanas-bagi-kesehatan-dan-efek-sampingnya-jika-berlebihan.jpg

4 comments: