Saturday, March 5, 2022

Penggunaan jagung (Zea mays) sebagai tanaman obat

jagung untuk obat
Jagung merupakan salah satu tanaman yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Jagung merupakan sumber karbohidrat yang bahkan di beberapa daerah jagung merupakan makanan pokok selain beras. Selain sebagai makanan pokok, jagung merupakah bahan untuk membuat beraneka macam snack/camilan.

Selain kedua fungsi tersebut, ternyata jagung memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan jagung antara lain adalah batu empedu, batu ginjal, busung air pada radang ginjal, busung perut, hepatitis, kencing manis, radang kandung empedu, sirosis tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan jagung untuk mengobati berbagai penyakit di Indonesia

1. Batu empedu
Bahan yang dibutuhkan adalah jagung muda sebanyak 5 tongkol, herba kumis kucing segar 5 gram, dan air 110 ml. pembuatannya adalah dengan menjadikan infus dari bahan yang telah disebutkan sebelumnya. Infus diminum setiap hari sebanyak 100 ml dan dilakukan selama 14 hari.

2. Batu ginjal
Bahan yang digunakan adalah jagung muda 4 tongkol, rambut jagung 1 genggam, daun keji beling segar sebanyak 8 helai, dan air 110 ml. semua bahan diambil ekstraknya dengan menjadikannya infus water. Minum selama 14 hari berturut-turut.

3. Tekanan darah tinggi
Bahan yang digunakan adalah jagung muda 5-7 tongkol, rambut jagung 1 genggam, dan air 110 ml. cara pembuatannya adalah dengan membuat bahan-bahan tersebut menjadi infus. Air hasil ekstrak diminum sekali sehari sebanyak 100 ml. pengobatan tersebut diulang selama 7 hari. Rambut jagung harus digunakan dengan hati-hati karena dapat menurunkan tekanan darah dengan drastis.

Di dalam rambut jagung terkandung saponin, zat samak, flavon, minyak astiri, minyak lemak, alantoin, dan zat pahit. Di dalam bunga jagung terkandung stigmasterol.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://thumbs.dreamstime.com/b/corn-maize-zea-mays-l-grains-beneficial-to-body-36593822.jpg

No comments:

Post a Comment