Friday, March 25, 2022

Penggunaan jeruk nipis (Citrus aurantifolia, Swingle) sebagai obat

jeruk nipis
Jeruk nipis jarang dihidangkan sebagai buah meja. Jeruk nipis umumnya digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman. Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan selain juga dapat digunakan sebagai campuran untuk sabun cuci piring. Selain kegunaan-kegunaan tersebut, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Jeruk nipis memiliki beberapa nama lokal seperti limau asam untuk daerah sunda dan jeruk pecel untuk daerah jawa. Di Arab, jeruk nipis disebut dengan limah, Lima di spanyol, dan Lime untuk penyebutan jeruk nipis berbahasa inggris.

Jeruk nipis tergolong tanaman perdu dengan cabang dan ranting yang rimbun. Batang tanaman jeruk nipis berkayu, ulet, dan keras. Kulit kayu bagian luar berwarna hijau tua dan kusam. Bunga berukuran kecil berwarna putih dan buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong berwarna hijau atau kekuningan.

Buah jeruk nipis yang sudah tua berasa asam. Umumnya, jeruk nipis mulai berbuah pada umur dua setengah tahun.

Tanaman jeruk nipis mempu tumbuh di berbagai cuaca dan iklim namun paling sesuai adalah daerah yang dapat menerima sinar matahari secara langsung.

Penyakit yang dapat diobati menggunakan jeruk nipis antara lain adalah amandel, malaria, ambeien, sesak napas, influenza, batuk, sakit panas, sembelit, terlambat haid, disentri, mual, Lelah, bau badan, dan keriput wajah.

Cara penggunaan jeruk nipis sebagai obat amandel
Bahan yang digunakan adalah satu buah jeruk nipis dan satu setengah rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan tersebut diparut dan diperas airnya. Hasil perasan dicampur dengan 2 sendok madu. Diminum 2 kali sehari secara teratur.

Kandungan dalam buah jeruk nipis adalah limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, dan sitral. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin B1, zat besi, lemak, kalori, protein, dan air.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://thumbs.dreamstime.com/b/lime-citrus-%C3%97-aurantifolia-slices-slices-leaves-isolated-white-background-lime-citrus-%C3%97-aurantifolia-220913931.jpg

No comments:

Post a Comment