Wednesday, March 2, 2022

Contoh penggunaan kelapa sebagai obat

penggunaan kelapa sebagai obat
Tanaman kelapa memiliki beragam khasiat obat disamping buahnya yang dapat dijadikan beragam makanan serta air kelapa mudanya yang memberikan kesegaran.

Berikut merupakan contoh penggunaan kelapa untuk pengobatan berbagai penyakit

1. Keracunan
Satu butir kelapa hijau dilubangi pada bagian ujung kemudian air kelapanya diminum sampai habis.

2. Sakit panas dalam
Bahan yang digunakan yiatu satu butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Air kelapa dicampur dengan telur ayam kampung yang masih mentah kemudian airnya diminum pada siang hari.

3. Sakit panas
Satu gelas air kelapa muda dan satu sendok madu dicampur dan diaduk sampai rata. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat dengan dosis dua kali minum sehari masing-masing satu cangkir untuk orang dewasa dan setengah cangkir untuk balita.

4. Demam berdarah
Bahan yang digunakan adalah satu buah kelapa dan satu buah jeruk nipis. Air kelapa dicampur dengan perasan jeruk nipis kemudian diaduk sampai merata. Ramuan ini diminum dua kali sehari pada pagi dan sore.

5. Kencing batu
Satu buah kelapa hijau dan satu butir telur ayam kampung mentah. Bahan dicampur dan diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

6. Influenza
Seperempat daging kelapa dan satu rimpang kencur sebesar ibu jari. Buah kelapa dan kencur diparut kemudian kedua bahan dicampur merata ditambah denan segelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakannya adalah dengan meminum sekali sehari.

7. Mengusir cacing kremi
Seperempat butir buah kelapa dan satu buah wortel diparut dan dicampur lalu ditambah dengan segelas air. Hasilnya diperas dan disaring kemudian haasil saringan diminum malam hari menjelang tidur.

8. Sakit gigi berlubang
Bahan yang digunakan adalah tempurung kelapa (batok kelapa). Batok kelapa dibakar dan minyak yang keluar di pinggir api diambil dengan kapas lalu digulung sebesar lubang gigi. Minyak dimasukkan ke dalam lubang gigi yang sakit.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://m.media-amazon.com/images/I/61q73NxCR6L.jpg

No comments:

Post a Comment