Monday, March 21, 2022

Penggunaan Jahe (Zingiber officinale Rosc.) sebagai obat

Dari jaman dahulu jahe merupakan tanaman empon empon yang dapat digunakan sebagai obat. Untuk konsumsi, penggunaan jahe yang paling umum adalah digunakan sebagai bahan pembuat minuman penyegar. Selain itu, jahe juga dapat digunakan sebagai bumbu untuk beragam masakan di Indonesia.

Tanaman jahe termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan. Rimpang dapat langsung ditanam untuk menghasilkan tunas yang akhirnya membentuk individu baru. Selain tumbuh di daerah tropis, jahe juga bisa tumbuh di daerah sub tropis.

Jahe merupakan tanaman rimpang herba dengan tinggi 40-50 cm. daun berwarna hijau tua dan berbentuk lanset. Jahe hanya hidup satu musim. Buah tanaman jahe akan terlihat kotak dengan bentuk bulat panjang dan berwarna coklat.

Di Indonesia, jahe tidak memiliki nama yang beragam seperti pada beberapa tanaman obat lain. Umumnya jahe hanya bernama jahe atau rimpang jahe. Tanaman jahe memiliki beragam khasiat untuk tubuh manusia baik untuk kebugaran tubuh ataupun untuk mengobati penyakit.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan antara lain: memperlancar air susu ibu, batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, perut kembung, gatal, luka, sakit kepala, dan salesma.

Selain penyakit-penyakit tersebut, menurut penelitian jahe mampu menghambat pertumbuhan jemur sehingga ketika manusia terkena penyakit yang berkaitan dengan jamur, dapat disembuhkan dengan menggunakan jahe.

Berikut merupkan contoh penggunaan jahe untuk obat:
1. jahe untuk mengobati mulas

Sebanyak tiga rimpang jahe diparut, airnya diperas kemudian diminum dua kali sehari sebanyak satu sendok the selama tiga hari.

Kandungan dalam tanaman jahe

Bebebrapa kandungan yang terkandung dalam tanaman jahe adalah minyak atsiri zingibernia, zingiberol, bisabolena, kurkumen, filandrena, dan resin pahit.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://escop.com/wp-content/uploads/2018/09/Zingiber.officinale.jpg

No comments:

Post a Comment