Monday, October 7, 2013

Potensi dan Pengembangan Hortikultura Kabupaten Sukabumi


Kabupaten Sukabumi merupakan pemasok utama hasil pertanian ke kawasan Jakarta dan sekitarnya. Selain sebagai produsen beras, Sukabumi juga menghasilkan banyak produk hortikultura, daging, dan juga ikan. Sebagai kabupaten terluas di pulau jawa, Sukabumi memiliki sumber daya yang lengkap seperti gunung, hutan, laut, sungai, dan pantai. Adanya kelengkapan sumber daya alam ini membuat Sukabumi memiliki potensi yang beragam untuk dikembangkan. Salah satu potensi yang ada adalah bidang pertanian, dan lebih khusus lagi adalah hortikultura.

1. Buah-Buahan
Komoditas buah-buahan unggulan yang berada di Kabupaten Sukabumi adalah manggis, pisang, durian, sirsak, papaya calina, semangka, buah naga, dan nenas. Sentra penanaman buah manggis berada di kawasan CIGUCI (Cicantayan, Gunungguruh, CIkembar). Adanya ekstensifikasi pada tahun 2013 membuat kebun manggis kini seluas 685 Ha. Pasar utama manggis SUkabumi adalah Cina. Tetapi ada juga yang diekspor ke Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, Hongkong, dan Eropa. Di dalam negeri, manggis digunakan sebagai buah meja atau juga digunakan sebagai bahan obat.

Produksi pisang di Sukabumi mencapai 500 ton/hari. Produksi tersebut dapat dicapai karena dilakukan secara intensif di 47 Kecamatan. Jenis pisang yang banyak diusahakan adalah ambon, tanduk, raja, dan kepok. Sentra buah durian berada di Kecamatan Cikakak, Cikidang, dan Ciemis. Di Cikakak, ada beberapa varietas lokal yang berpotensi menjadi varietas unggul nasional. Durian Gandaria adalah salah satu varietas lokal yang harganya dua kali lipat harga durian montong. 

Sentra Sirsak Ratu di kecamatan Pelabuahanratu. Sirsak Ratu memiliki rasa manis, daging buah kering, dan pulen. Sentra Semangka adalah wilayah Sukabumi Selatan yaitu Kecamatan CIracap dan Surade. Pada musim tanam luasnya dapat mencapai 200 Ha. Musim panen raya terjadi pada bulan Oktober. Sentra penanaman papaya calina adalah kecamatan Bantargadung dan Ngarak. Luas kebun papaya mencapai 20 Ha.

2. Sayuran
Sayuran unggulan adalah cabai, tomat, sawi putih, caisim, bawang daun, bawang merah, labu siam, jagung manis, dan jagung semi. Wilayah utara pengembang sayuran datarn tinggi adalah Kecamatan Kadudampit, Sukaraja, Goalpara, Gegerbitung, kabandungan, dan Sukalarang. Luas tanaman cabai dan tomat mencapai 1200 Ha.

3. Biofarmaka
Tumbuhan obat yang menjadi unggulan di Sukabumi adalah temulawak, jahe, kunir, kencur, dengan sentra di Kecamatan Ngarak 40 Ha, Ciemas 30 Ha, dan Cidolog 30 Ha. Potensi ini mencapai 100 Ha. 

4. Tanaman Hias
Kawasan yang banyak dikembangkan adalah Sukabumi utara yang merupakan dataran tinggi yang berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak. Agroklimat yang sesuai berpotensi untuk pengembangan tanaman hias. Daerah penghasil tanaman hias adalah Kecamatan SUkabumi, Sukaraja, Cidahu, dan Cicurug. Komoditas unggulan adalah Draceana 5Ha, krisan 20Ha, sedap malam 5Ha, gladiol, dan garbera.

Sumber: Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sukabumi

4 comments:

  1. Banyak sekali fungsi dan manfaat buah manggis untuk kesehatan, kecantikan, maupun bagi ibu hamil. Dari sekian banyak manfaat buah manggis, itulah salah satunya.
    Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

    Sumber : Kurau Blog : Blog Tempat Pengetahuan dan Informasi

    ReplyDelete
  2. untuk info lokasi detailnya ada ga kang? (kecamatan, desa nya)

    ReplyDelete
  3. Yang punya Sirsak Kualitas Super silahkan merapat, baik Fresh maupun Frozen.

    Untuk Fresh Sirsak, Size: 500 grams - 1,5 Kg.
    WA: 0853 2367 5088
    Email: exportmahkota@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Yang punya Sirsak Kualitas Super silahkan merapat, baik Fresh maupun Frozen.

    Untuk Fresh Sirsak, Size: 500 grams - 1,5 Kg.
    WA: 0853 2367 5088
    Email: exportmahkota@gmail.com

    ReplyDelete