Monday, June 15, 2020

Mengenal Tanaman Jeruk

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis yang diunggulkan karena memiliki rasa yang manis, berair banyak, tekstur daging buahnya lunak, memilik permukaan kulit yang halus, berbentuk bulat sampai bulat pendek. Beberapa jenis jeruk yang diunggulkan tersebut adalah Jeruk Keprok Tejakula, Keprok Tawangmangu, Keprok Garut, dan Keprok Kacang. 

Ciri khas jeruk keprokyang paling menonjol adalah adanya rongga antara kulit buah dengan daging buah sehingga mudah untuk dikupas, bagian buahnya mudah dipisahkan, dan ketika sudah matang buah akan berwarna orange muda. Jeruk keprok secara umum mampu berproduksi 200-300 buah/pohon/taun.

Asal Jeruk Keprok Tejakula tidak diketahui dengan pasti. Untuk saat ini, jeruk jenis ini paling banyak terdapat di Buleleng, Bali. Bentuk buah bulat pendek, permukaan kulitnya halus, daging buah bertekstur lunak, dan buah berasa manis.

Jeruk Keprok Tawangmangu paling banyak dijumpai di Karanganyar, Jawa Tengah. Asal jeruk ini juga tidak diketahui dengan pasti. Bentuk buah bulat pendek dengan permukaan yang halus, tekstur daging buah lunak, mengandung banyak air, dan memiliki rasa buah yang manis.
Jeruk Keprok Garut memilik pusat produksi di Garut,Jawa Barat. Bentuk buah bulat, memiliki tekstur yang halus, tekstur buah lunak, mengandung banyak air, dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

Jeruk Keprok Kacang bersentra produksi di Jambi dan Sumatra Barat. Bentuk buah bulat dengan permukaan kulit yang berpori jelas. Tekstur buah lunak, tidak memiliki terlalu banyak air, dan memiliki rasa buah yang agak manis.

Selain jenis-jenis jeruk tersebut, bebrapa jenis jeruk unggul yang lain diantaranya: batu, singkarak, madura, siem, Pontianak, Palembang, bangli, jeruk besar bali, pandan wangi, delima, dan hibrida.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment