Tuesday, May 5, 2020

Mengenal Tanaman Belimbing Manis

Belimbing termasuk keluarga oxalidaceae yang berwarna hijau Ketika buah masih hijau dan berubah kuning kemerahan Ketika sudah matang. Ciri-ciri buah unggul yang banyak dicari peminat belimbing adalah produksi per pohon yang tinggi, bentuk buah besar, warna menarik, berair banyak, dan berasa manis serta segar. 

Beberapa yang termasuk belimbing unggul adalah Belimbing Demak, Belimbing Sembiring, Belimbing Filipina, Belimbing Wulan Wijaya, Belimbing Paris, dan Belimbing Dewi.

Belimbing Demak terdiri dari tiga jenis yaitu Demak Kunir, Demak Kapur, dan Demak Jingga. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari ketiganya. Yang membedakan hanya warnanya Ketika sudah matang. Demak Kunir akan berwana kuning merata, demak kapur berwarna putih, dan demak jingga berwarna kemerahan.

Belimbing Sembiring termasuk jenis belimbing genjah karena sudah bisa berbuah Ketika tanaman berumur 1 tahun. Dalam satu pohon, jenis ini mampu menghasilkan 300 buah per tahun. Belimbing Sembiring berwarna kuning Ketika sudah matang. Belimbing Filipina lebih genjah dari belimbing sembiring karena sudah bisa berbuah saat masih berumur 3 bulan.

Belimbing Wulan merupakan hasil persilangan antara belimbing demak kunir dengan demak jingga. Ukuran buah lebih besar dari kedua induknya, memiliki rasa manis asam, dan berwarna orange.

Belimbing Wijaya merupakan hasil persilangan belimbing Bangkok dengan demak kunir. Keistimewaan belimbing ini adalah produksi buah yang tinggi dan berasa manis seperti madu.

Belimbing paris merupakan hasil persilangan antara demak kapur dengan demak kunir. Kelebihan belimbing ini dibandingkan kedua indukannya adalah bisa dipetik lebih cepat dengan rasa yang tetap manis.

Belimbing dewi memiliki banyak kelebihan seperti sayap yang berwarna hijau meskipun sudah matang, serta dapat tahan lama disimpan di suhu ruang tanpa kehilangan rasa manisnya.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2008. Mengenal Buah-buah Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment