Friday, May 22, 2020

Mengenal Tanaman Jambu Biji


Jambu biji berasal dari Amerika Tengah. Di Indonesia, tanaman jambu biji tersebar di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Dan tanaman jambu biji berbuah sepanjang tahun.

Jambu biji yang disukai masyarakat adalah jambu biji unggul yang memiliki sifat manis, berdaging lunak dan tebal, tanpa biji, dan berukuran besar. Beberapa jambu yang diunggulkan adalah Sukun, Pasarminggu, Bangkok, Sari, Apel, Merah, Palembang, dan Getas.

Jambu Sukun merupakan jambu biji yang tidak berbiji, buah berasa enak meskipun masih muda, dan berasa manis seperti bangkok ketika sudah matang.

Jambu Pasarminggu berdaging tebal dan berasa manis. Namun jambu pasarmiggu memiliki biji yang cukup banyak.

Jambu Bangkok merupakan introduksi jambu dari Thailand. Merupakan salah satu jenis jambu yang digemari walaupun harganya mahal. Biji mengumpul di tengah, berdaging tebal, berasa manis ketika tidak dimatang dalam kondisi yang belum terlalu matang.
Jambu Sari merupakan merupakan salah satu jenis jambu bangkok. Jambu sari lebih lebat, rasanya lebih manis, lebih tebal, kulit buah mengkilap, dan berbiji jarang.

Jambu apel masih satu kelompok dengan jambu sukun. Bentuk seperti apel dan memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan jambu bangkok. Jambu apel beraroma wangi, dan daging buahnya kesat.

Jambu merah palembang merupakan hasil penyilangan dar jambu bangkok dan jambu merah australia. Hasil penyilanganya adalah daging buah merah, beraroma harum, rsa manis, sedikit biji, daging buah lunak dan tebal. Ukuran buah sebesar jambu bangkok dan produkivitasnya tinggi.

Jambu merah getas adalah persilangan jambu bangkok dengan jambu pasarminggu. Jambu merah getas memiliki ciri sama dengan jambu pasarminggu.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2008. Mengenal Buah-buah Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment