Friday, May 1, 2020

Mengenal Tanaman Anggur


buah anggur, macam macam anggur
Secara umum terdapat dua jenis tanaman anggur yaitu anggur yang buahnya dapat dimakan dan anggur yang buahnya tidak dapat dimakan. Anggur yang tidak dapat dimakan biasanya digunakan sebagai bahan obat-obatan sedangkan anggur yang bisa dimakan umumnya digunakan sebagai buah meja, bahan baku industry minuman, dan lain sebagainya.

Yang termasuk golongan anggur yang dapat dimakan adalah varietas Vitis vinifera dan Vitis Labrusca. Vitis vanifera meliputi anggur bali, probolinggo biru, probolinggo putih, situbondo kuning, gross colman, golden champion, frakentaler, dan muscat. Sedangkan yang termasuk anggur varietas Vitis labrusca adalah Isabella, Delaware, Tegal Hitam, Tegal Hijau, Brilliant, Beacon, dan Carman.

Dari semua jenis anggur tersebut baru terdapat dua jenis yang dilepas oleh Kementrian Pertanian. Keduanya adalah Banjarsari-4 atau yang disebut dengan Probolinggo Biru, dan Banjarsari-6 atau yang dikenal dengan kultivar Bali.
Anggur Bali berwarna ungu kehitaman ketika matang. Daging buah berwarna putih. Buah berbentuk bulat, kulit buah bertepung lilin, dan memiliki rasa yang manis. Umur buah yang tepat untuk dipetik adalah 105-120 hari setelah pangkas. Pada umumnya, buah berisi 2-3 biji per buah. Produksi buah sekitar 7 kg / pohon ketika pohon sudah berumur 2 tahun.

Anggur probolinggo yang sudah matang berwarna merah kehitaman. Daging buah berwarna putih, kulit bertepung tipis, dan rasa buah manis. Umur petik sama dengan anggur bali.

Anggur Isabella yang sudah matang berwarna merah kehitaman. Kulit bertepung agak tebal, daging bah lunak, tebal, dan berair. Anggur Isabella memiliki rasa yang asam manis.

Anggur Delaware yang sudah matang berwarna merah kehitaman, bentuk bulat, kulit bertepung, dan rasanya asam manis.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2016. Mengenal Buah-buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung
.

No comments:

Post a Comment