Monday, May 11, 2020

Mengenal Tanaman Jambu Air


Jambu air merupakan buah-buahan yang sudah banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat. Beberapa jenis jambu air yang sudah dikenal diantaranya adalah lilin hijau, lilin merah, gondrong, semarang putih, semarang darah, klampok, kaget, dan complang. Jenis jambu unggulan tersebut umumnya memiliki rasa yang manis, berbiji sedikit bahkan tidak berbiji, daging buah padat, tidak gembos, dan keset.

Jambu air lilin hijau termasuk jenis Syzygium samarangense, banyak dijumpai di Cikampek, Jawa Barat. Bentuk buah memanjang, berwarna hijau gelap sampai kecoklatan, daging buah padat dan tidak gembos.

Jambu lilin merah memiliki kulit warna merah, rasanya manis, tidak berbiji, dan tidak gembos.

Jambu gondrong (Cincolo) berbentuk seperti lonceng. Berwarna merah kecoklatan, daging buah renyah, manis, dan tidak berbiji.
Jambu semarang putih memiliki bentuk seperti jambu gondrong. Berwarna putih susu, rasanya manis sedang, dan mengandung banyak air.

Jambu semarang darahdisebut juga jambu prada. Bentuk seperti jambu gondrong tetapi agak lonjong. Berwarna merah dan berasa manis.

Jambu klampok berbentuk agak bulat, berwarna hijau dengan semburat merah, daging buah kesat, dan rasanya manis.

Jambu kaget berbentuk mirip jambu lilin hijau. Berwarna hijau kecoklatan, rasanya manis sedang, dan mudah jatuh Ketika matang.

Jambu camplong terdiri dari dua macam yaitu yang berwarna putih dan berwarna merah. Berbentuk agak bulat. Yang putih rasanya lebih manis dan daging buahnya lebih keras. Yang merah tekstur buahnya lembut dan empuk.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2008. Mengenal Buah-buah Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment