Wednesday, May 6, 2020

Mengenal Tanaman Durian


Durian termasuk keluarga Bombacaceae yang berkerabat dekat dengan kapuk randu.

Kriteria buah durian yang unggul adalah warna dan penampilannya yang menarik. Duri besar, bentuk buah bulat telur, dan tangkai pendek. Belimbing pada durian tidak tampak menonjol, produksi buah tinggi, tahan hama penyakit, serta daging buah yang tebal, kesat, berserat halus, pulen, berwarna kuning madu, serta berasa pahit manis.

Yang termasuk varietas local unggul Indonesia adalah Durian Sunan, Sukun, Sitokong, Simas, dan Petruk.

Durian Sunan berbentuk bulat telur terbalik, hijau kecoklatan, duri berbentuk kerucut kecil dan jarang, serta mudah dibelah. Umumnya berbiji kempes dan penampilannya lebih menarik dibandingkan jenis durian yang lain.

Durian Sukun berbentuk bulat Panjang, berwarna kekuningan, duri kerucut kecil dan rapat, serta mudah dibelah. Daging buah durian Sukun berwarna putih kekuningan. Durian Sitokong buahnya berbentuk bulat Panjang, hijau kekuningan, duri kerucut dan rapat, sukar dibelah, dan warna daging buahnya kuning.

Durian Simas memiliki bentuk lonjong, berwarna merah kekuningan, duri berbntuk kerucut rapat, agak sukar dibelah, dan warna daging buahnya kuning menyala.

Durian petruk berbentuk bulat telur terbalik, hijau kekuningan, duri kerucut kecil rapat, agak sukar dibelah, dan buah berwarna kuning.

Selain varietas unggul local, terdapat varietas lain hasil introduksi dari Thailand. Diantaranya adalah durian Kani dan Montong.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2008. Mengenal Buah-buah Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment