Tuesday, February 15, 2022

Contoh penggunaan bawang putih sebagai obat bagi masyarakat Indonesia

bawang putih untuk obat di indonesia
sumber gambar: https://asset.kompas.com/crops/sXEw3FBlTkVTuxwe-UciR-Jvt7I=/0x0:1918x1279/750x500/data/photo/2021/04/26/6086604247789.jpg
Bawang putih, selain sebagai bumbu yang hampir selalu ada di setiap menu masakan Indonesia, juga memiliki khasiat lain sebagai obat. Kandungan yang berada di dalam umbi bawang putih membuat umbi bawang putih memiliki khasiat sebagai obat. Berikut merupakan berbagai contoh penggunaan bawang putih untuk mengobati berbagai macam penyakit.

1. hipertensi
Bahan yang dibutuhkan adalah 3 siung baawang putih kemudian bawang tersebut ditumbuk untuk diambil airnya. Air disaring lalu diminum secara teratur setiap hari.

2. asam, batuk, dan masuk angin
Bahan yang digunakan adalah 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Bawang ditumbuk halus bersama dengan dua bahan lainnya kemudian diperas dan disaring. Cara menggunakannya adalah dengan meminumnya setiap hari sampai sembuh.

3. sakit kepala
Bahan yang dibutuhkan adalah umbi bawang putih. Umbi bawang putih ditumbuk kemudian hasil tummbukan dioleskan/dikompreskan di dahi.

4. sakit kuning, sesak napas dan busung air
Bahan yang digunakan adalah 1 umbi bawang putih dan 1 potong gula batu. Bawang putih ditumbuk halus kemudian direbus bersama dengan gula batu yang telah disiapkan. Direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diaduk sampai rata. Cara menggunakannya adalah diminum 2 kali sehari 2 sendok makan pagi dan sore.

5. ambeien
Bahan yang diperlukan adalah umbi bawang putih yang ditumbuk halus kemudian diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya di sekitar dubur dan dilakukan setiap hari.

6. luka memar karena tikaman atau pukulan
Bahan yang diperlukan adalah bawang putih dan sesendok madu. Bawang putih ditumbuk halus kemudian diberi satu sendok madu dan dicampur sampai merata. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan pada bagian yang terluka.

7. luka akibat benda tajam yang berkarat
Bahan yang digunakan adalah bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuatnya adalah dengan membakar bawang putih kemudian mencelupkannya di minyak kelapa. Ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang luka.

8. sengatan serangga
Bahan yang dibutuhkan adalah umbi bawang putih, sendowo, dan garam secukupnya. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk bawang putih sampai halus kemudian dicampur dengan bahan lain sampai merata. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya pada bagian yang disengat serangga.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

No comments:

Post a Comment