Wednesday, February 16, 2022

Penggunaan bawang merah (Allium cepa) sebagai obat

bawang merah digunakan sebagai obat
Sumber gambar: https://jurnaba.co/wp-content/uploads/2019/12/IMG_20191223_162712.jpg

Bawang merah adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Hampir semua masakan di Indonesia menggunakan umbi bawang merah sebagai bumbu. Rasa dan aroma yang khas dari bawang merah menjadikannya harus ada di hampir semua masakan nusantara.

Bawang merah memiliki nama ilmiah Alium cepa. Di Indonesia, bawang merah memiliki beragam penamaan yang berbeda. Beberapa penamaan bawang merah di Indonesia diantaranya adalah bawang abang mirah (aceh), pia (batak), bawang abang (Palembang), barambang sirah (Minangkabau), bawang suluh (lampung), bawang beureum (sunda), brambang (jawa), jasun bang (bali), lansuna raindang (Sulawesi utara), bawa rohiha (ternate), bawa kohari (tidore), dan lain sebagainya.

Tanaman bawang merah merupakan herba semusim dan tidak berbatang. Daun tunggal keluar dari umbi lapis. Umbi lapis menebal dan berdaging, berwarna merah keputihan (tergantung varietas). Perbungaan berbntuk gumpalan (bongkol), mahkota berbentuk bulat telur. Buah berarna hijau dengan biji berbentuk segitiga dengan warna hitam.

Bawang merah dapat mengobati batuk, haid tidak teratur, kencing manis, obat cacing, demam pada anak (abat luar), dan perut kembung pada anak (sebagai obat luar).

Berikut merupakan contoh penggunaan bawang merah untuk pengobatan bagi masyarakat Indonesia.

1. Kencing manis
Diperlukan umbi bawang merah sebanyak 4 gram, buah buncis 15 gram, dan daun salam sebanyak 10 helai. Ketiga bahan ditambah air sebanyak 120 ml kemudian dibuat infus dan diminum sehari sekali selama 14 hari.

2. Demam dan perut kembung pada anak-anak
Umbi bawang merah diambil secukupnya kemudian dipotong tipis. Potongan kemudian ditambahkan dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih secukupnya. Ketiganya kemudian diremas-remas dan menghasilkan minyak. Minhak dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangan pada anak yang demam.

Bawang merah memiliki fungsi sebagai obat karena kandungan yang ada di dalamnya. Adapun kandungan yang berada di bawang merah adalah minyak astiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, dan zat pati.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

No comments:

Post a Comment