Wednesday, February 23, 2022

Penggunaan Benalu (Loranthus sp) sebagai obat

tumbuhan benalu bisa digunakan sebagai obat
Mendengar atau membaca kata benalu, hal pertama yang terpikir adalah tumbuhan yang merugikan tumbuhan lain. Gulma yang mengambil nutrisi dari tanaman inang sehingga pertumbuhan tanaman inang terganggu. Tapi dibalik sifat dan cara hidupnya tersebut, benalu ternyata memiliki potensi sebagai tanaman obat.

Di belanda, benalu dikenal dengan nama parasite yang artinya hidup sebagai parasit. Di Jawa benalu disebut dengan Pasilan atau kemladean. Dan bahasa latin dari benalu adalah Loranthus.

Tumbuhan benalu adalah tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain yaitu di dah-dahan pohon kayu. Benalu tidak memerlukan tanah sebagai media tumbuhnya. Bunga benalu memiliki biji buah yang mengandung getah. Biji disebarkan oleh burung atau binatang lain yang memakan buahnya.

Proses perkembangbiakan benalu cukup sederhana. Biji benalu yang bergetah yang melekat di dahan akan berkecambah kemudian bertunas dan membentuk individu baru. Benalu memiliki pola hidup yang menempal pada pohon lain yang dijadikan sebagai inang. Berdasarkan pengalaman nenek moyang kita, setiap inang yang ditempli benalu akan memiliki khasiat tertentu.

Tanaman teh yang ditempeli benalu dipercaya memiliki khasiat sebagai obat anti kanker. Benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati penyakit amandel. Dan benalu secara umum dapat dimanfaatkan sebagai obat campak.

Contoh penggunaan benalu di masyarakat Indonesia

Benalu untuk mengobati amandel
Untuk pengobatan amandel, bahan yang digunakan adalah benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dan adas pulowaras secukupnya. Kedua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu, air disaring dan diminum 1 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://nimadesriandani.files.wordpress.com/2011/04/benalu.jpg

No comments:

Post a Comment