Monday, November 7, 2022

Bakung (Crinum asiaticum L), Tanaman Hias yang Berkhasiat Obat

tanaman bakung untuk tanaman hias dan obat

Bakung merupakan salah satu tanaman hias karena memiliki bunga dan sosok tanaman yang indah. Bakung memiliki bergam nama daerah seperti bawang hutan, bakong, bawang brojol, bawang tembaga, bakhang, dan bakeung. Tanaman bakung  banyak ditanam di pekaraangan untuk mempercatik taman. Tanaman bakung dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut.

Tanaman bakung umumnya ditanam secara bergerombol. Tujuan penanaman secara bergerombol ini adalah untuk menambah keindahan ketika bunga muncul secara bersamaaan. Mahkota bunga bakung bisa memiliki beragam warna seperti putih, kuning, jingga, merah muda,  merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula jenis bakung yang memiliki corak bintik-bintik.

Bakung merupakan tanaman herba atau tern tahunan. Tinggi tanaman kurang lebih 1 meter. Memiliki batang semu, tegak, lunak dan berwarna putih kehijauan. Daun tunggal berbentuk lanset, ujung meruncing, dengan pangkal daun berbentuk tumpul. Pangkal mahkota bunga berbentuk corong, dan berwarna putih. Buahnya berbentuk kotak atau berbentuk bulat telur.

Tanaman bakung merupakans salah satu tanaman hias yang memiliki fungsi ganda yaitu jga sebagai tanaman yang berkhsiat obat. Seluruh bagian tanaman bagung memiliki khasiat sebagai obat. Penyakit yang dapat diobati oleh tanaman bakung diantaranya adalah rematik, radang kulit, bisul, dan borok.

Sumber artikel :Atmodisastro, Suroto. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat. Nuansa Cendikia, Bogor.

Sumber gambar: https://hoakiengdongthap.com/wp-content/uploads/2021/03/cay-nangPNG-1536x1152.png

No comments:

Post a Comment