Monday, November 7, 2022

Mengenal Beluntas (Pluchea indica), Tanaman Hias yang Berkhasiat Obat


Beluntas merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dijumpai di pekarangan di pedesaan. Beluntas tidak memiliki bunga, buah, daun ataupun sosok yang indah. Tetapi dalam kaitannya dengan fungsi estetik pada tanaman beluntas adalah penggunaannya sebagai tanaman pagar. Selain menjadi tanaman yang memiliki fungsi pembatas, tanaman pagar memiliki fungsi sebagai pengarah. Karena hal tersebutlah tanaman beluntas dapat digolongkan sebagai tanaman hias.

Terdapat beberapa nama daerah untuk tanaman beluntas. Orang Jawa menyebutnya dengan sebutan lutas. Di Madura dikenal dengan nama baluntas. Di daerah Sunda disebut dengan baruntas. Masyarakat Makasar menamainya lamutasa, dan orang Timor menyebutnya dengan lenabou.

Beluntas adalah sosok tanaman yang memiliki batang tegak serta berbatang dan bercabang banyak. Daun tunggal, berbentuk bulat telur, serta memiliki warna hijau muda ketika masih muda dan berubah menjadi hiijau tua ketika sudah tua. Bunga tanaman beluntas berbentuk malai rata dan berwarna putih keunguan.

Tanaman beluntas tumbuh baik pada dataran rendah sampai dengan dataran tinggi dan banyak digunakan sebagai tanaman pagar hidup. Perbanyakan tanaman beluntas dapat dilakukan dengan metode stek ataupun dengan menggunakan biji serta anakannya.

Selain sebagai tanaman hias, beluntas juga merupakan tanaman yang berkhasiat obat. Beberapa khasiat organ tanaman beluntas adalah sebagai berikut. Daun tanaman beluntas dapat digunakan untuk mengobati demam, menghilangkan bau bada dan bau napas, pegal linu, keputihan, nyeri haid, reumatik, nyeri persendian, dan gangguan pencernaan. 

Sumber artikel: Atmodisastro, Suroto. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat. Nuansa Cendikia, Bogor.

Sumber gambar: https://live.staticflickr.com/8146/7579442552_c43828a075_b.jpg

No comments:

Post a Comment