Monday, November 7, 2022

Tanaman Hias dengan Fungsi Ganda

tanaman hias untuk pengobatan
Tanaman hias fungsi utamanya adalah untuk fungsi estetis. Tanaman hias memiliki fungsi utama untuk keindahan. Keindahan tanaman hias bisa terletak pada bagian akar, batang, daun, buah, bunga, dan bahkan sosok tanaman itu sendiri. Jadi tanaman hias bukan hanya tanaman bunga seperti pradigma orang selama ini. Tetapi juga tanaman besar dan kokoh selama bisa mempercantik halaman ataupun taman juga dapat disebut sebagi tanaman hias.

Selain berfungsi untuk mempercantik halaman ataupun taman, beberapa tanaman yang tergolong tanaman hias juga mempu memperbaiki iklim mikro ataupun makro seperti yang dikampanyekan oleh penggiat pecinta bumi. Kecintaan orang pada tanaman mungkin tidak serta merta mampu memperbaiki iklim dunia. Tetapi setidaknya kecintaan tersebut akan menular kepada yang lain sehingga makin banyak orang yang mencintai tanaman dan secara langsung atapun tidak langsung juga mencintai bumi.

Fungsi tanaman hias ternyata tidak hanya sampai disitu. Beberapa kandungan kimia yang terdapat di dalam tanaman hias ternyata dapat juga berfungsi sebagai obat. Jadi, beberapa tanaman hias memiliki fungsi ganda. Selain berfungsi estetis juga memiliki fungsi sebagai tanaman obat.

Sumber artikel: Atmodisastro, Suroto. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat. Nuansa Cendikia, Bogor.

sumber gambar: https://www.kampustani.com/wp-content/uploads/2019/04/Tips-Dan-Cara-Menanam-Bunga-Mawar-1024x749.jpg

No comments:

Post a Comment