Monday, November 7, 2022

Mengenal Bunga Matahari (Helianthus annus L.), Tanaman Hias Berkhasiat Obat

Bunga matahari merupakan salah satu bunga yang paling umum dijumpai di daerah tropis. Bunga matahari adalah tanaman semusim dengan bunga yang khas berbentuk seperti matahari. Oleh karena itu disebut sebagai bunga matahari. Bunga khas berukuran besar, berbentuk bundar dan berwarna kuning terang. Bunga matahari adalah bunga mejemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bonggol. Satu hal yang unik dari bunga matahari adalah, bunga selalu menghadap ke arah matahari.

Selain sebagai tanaman hias, bunga matahari memiliki kegunaan yang lain. Biji bunga matahari dapat diambil minyaknya serta dapat pula digunakan sebagai bahan camilan (kuaci). Kegunaan lain dari tanaman bunga matahari adalah kemampuannya untuk dijadikan tanaman yangn memiliki khasiat obat.

Semua bagian dari bunga matahari memiliki khasiat obat. Bunga matahari dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit. Biji bunga matahari digunakan sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan tubuh dan campak. Daun berkhasiat sebagai anti radang, analgesik, dan anti malaria. Akar tanaman digunakan sebagai antiradang, peluruh air seni, dan Pereda batuk. 

Sumber artikel: Atmodisastro, Suroto. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat. Nuansa Cendikia, Bogor. 
Sumber gambar: https://4.bp.blogspot.com/-IW2Yie-dsO8/TugH36qY_II/AAAAAAAAAE8/I8Y3LDt6Yzc/s1600/Sunflower.jpg

No comments:

Post a Comment