Thursday, November 17, 2022

Mengenal Senggani (Melastoma candidum), Tanaman Hias yang Berkhasiat Obat

tanaman senggani untuk pengobatan
Senggani tumbuh liar sebagai semak belukar di lereng gunung, kebun tidak terurus, atau pinggir sungai. Senggani memiliki bunga yang indah, berwarna pink, dan ungu dengan benang sari kuning bercampur putih.

Batang senggani lumayan keras, berwarna kuning saat sudah layu dan merah saat masih muda. Kulit luar sedikit bersisik dan berambut. Bentuk daun bulat telur memanjang. Daun tunggal, letak berhadapan dan berwarna hijau. Pangkal daun membulat, tepinya rata, permukaannya berambut pendek dan kaku. Permukaan daun kasar. Bunga muncul dari ujung cabang dan bentuknya berupa malai. Buah masak berwarna ungu tua kemerahan. Senggani dapat diperanyak secara generative menggunakan bijinya.

Bagian tanaman yang berkhasiat untuk pengobatan adalah daun, bunga, biji, dan buah. Penyakit yang dapat diobati antara lain luka, Pereda demam, penghilang nyeri, melancarkan kencing, melancarkan aliran darah, mengobati bengkak, gangguan pencernaan, hepatitis, sariawan, menghentikan keputihan, darah haid berlebih, dan pendarahan Rahim di luar waktu haid, wasir berdarah, dan radang dinding pembuluh darah.

Atmodisastro, Suroto. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat. Nuansa Cendikia, Bogor.

Sumber gambar: https://www.gardentags.com/plant-encyclopedia/images/2898/melastoma-candidum-syn-melastoma-septemnervium.jpeg

No comments:

Post a Comment