Wednesday, November 16, 2022

Mengenal Tanaman Kaca Piring, Tanaman Hias yang Berkhasiat Obat

tanaman kaca piring untuk obat herbal
Kaca piring merupakan perdu tegak dengan ketinggian mencapai 2 meter. Batang berbentuk bulat, berkayu, dan bercabang. Daun berlapis lilin dan berwarna hijau. Bunga tunggal dan bertangkai pendek. Warna bunga putih dan keluar dari ujung ranting serta memiliki aroma yang harum. Buah berbentuk bulat telur dengan kulit yang tipis. Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan secara generatif menggunakan biji atau secara vegetatif menggunakan metode cangkok dan stek batang.

Bagian tanaman yang dapat dipergunakan untuk pengobatan adalah buah. Buah memiliki khasiat untuk menginakatkan fungsi hati dan menenangkan emosi, melancarkan aliran empedu ke usus, antiradang, antibiotic, Pereda demam, peluruh dahak, dan penawar racun. Akar dan bunga juga memiliki khasiat obat diantaranya adalah peluruh haid. Bunga berhasiat sebagai penenang dan peluruh kencing. Daun tanaman kaca pirng dapat digunakan untuk mengatasi demam, sesak napas, tekanan darah tinggi, dan sariawan.

Atmodisastro, Suroto. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat. Nuansa Cendikia, Bogor.

Sumber gambar: https://th.bing.com/th/id/R.88c2e2627d8ba84d34a0ecb0bc861a33?rik=9fvQnoBdBryi8g&riu=http%3a%2f%2fbibitbunga.com%2fwp-content%2fuploads%2f2015%2f09%2fkaca-piring-gardenia-jasminoides.jpg&ehk=vjVFsY%2fn0J9ifRl3Ry0d2eGMT2Cprw81CLnyvgjTO68%3d&risl=&pid=ImgRaw&r=0

No comments:

Post a Comment