Monday, May 6, 2013

Manfaat dan Kegunaan Tanaman Pisang

Pisang merupakan salah satu tanaman buah yang banyak digemari masyarakat. Pisang memiliki banyak macam dan rasa yang beragam. Selain memiliki rasa yang enak sehingga banyak digunakan sebagai “buah meja”, pisang juga memiliki banyak manfaat dan khasiat sebagai obat. Fungsi dan kegunaan pisang tidak hanya sebatas pada buahnya. Hampir semua bagian tanaman pisang memiliki fungsi dan kegunaan bagi manusia. Berikut adalah manfaat dan kegunaan berbagai organ dalam tanaman pisang: 

1. Umbi batang 
Umbi batang atau yang di dalam tanaman pisang lebih sering disebut sebagai bongol pisang merupakan bagian tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan tanam tanaman pisang. Selain sebagai bahan tanam, bonggol juga memiliki beberapa kegunaan atau manfaat. Bonggol pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat soda untuk sabun dan juga sebagai pupuk tanaman. Caranya, umbi diiris kemudian dibakar untuk dijadikan abu. Abu yang kemudian digunakan untuk bahan soda dan pupuknya. 

Umbi batang beberapa jenis pisang, khususnya pisang klutuk dan pisang kapok dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Disentri, pendarahan usus, amandel, dan memperbaiaki pertumbuhan rambut adalah beberapa contoh mafaat bonggol pisang untuk pengobatan. Umbi batang yang masih muda bisanya juga dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan yaitu sebagai sayur.

2. Batang tanaman (batang semu) 
Batang semu tanaman pisang adalah batang yang tumbuh tegak yang menghubungkan bonggol dengan daun tanaman pisang. Batang semu bersifat tidak keras dan banyak mengandung air. Air yang terdapat di dalam batang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kencing panas dan juga menawarkan racun. Air dari batang semu beberapa jenis pisang juga dapat diguakan untuk menawarkan racun akibat terkena gigitan ular. 

Batang semu tanaman pisang dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan lain misalnya membungkus bibit tanaman dan tali tembakau. Kompos juga dapat dibuat dari batang semu tanaman pisang. Tidak jarang pula batang semu tanaman pisang digunakan untk campuran dalam media untuk budidaya belut. 

Khusus pisang abaca yang diambil batang luarnya, batang luar dapat digunakan untuk diambil serat batangnya. Serat ini digunakan untuk bahan industri seperti kertas, tekstil, bahan baku uang yen dan dollar, pembungkus kabel, kertas the celup, popok bayi, pembalut wanita, dan bahan peredam suara pesawat terbang. 

3. Daun pisang 
Daun pisang umumnya digunakan untuk pembungkus anekan makanan dan barang-barang lainnya. daun pisang yang sudah tua dapat digunakan untuk pakan hijauan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, marmot, dan lain-lain. Kompos adalah hasil lain yang dapat dibuat dari daun pisang. 

4. Bunga pisang 
Bunga pisang atau yang sering disebut jantung pisang memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat dan vitamin yang tinggi. Bunga pisang banyak digunakan untuk bahan baku sayuran. Bunga pisang juga dapat digunakan untuk aneka macam makanan seperti acar, manisan, sayur lalap, sayur lodeh, dan lain-lain. 

Dalam 100 gram bunga pisang, terkandung31 kal kalori, 1,2 g protein, 0,3 g lemak, 7,1 g karbohidrat, 3 mg kalsium, 50 mg fosfor, 0,05 mg vitamin B, 10 mg vitamin C, dan 90,2 g air. 

5. Buah pisang 
Buah pisang adalah yang paling banyak digunakan atau dimanfaatkan. Buah pisang dapat dimakan sebagai buah segar ataupu dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan aneka makanan olahan. Buah pisang mengandung serotonin yang dapat digunakan untuk menghambat pengeluaran adam yang berlebh di lambung. Buah pisang yang dicampur dengan air kelapa dan madu bermanfaat untuk pengobatan campak, hepatitis, tuberkolosis, dan radang tonsil. Pisang mas dapat digunakan sebagai obat hepatitis sedangkan pisang klutuk dapat dimanfaatkan untuk obat penyakit disentri 

Khasiat lain buah pisang adalah obat luka lambung, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung, membantu melancarkan oksigen ke dalam otak, menumbuhkan rambut, menghaluskan kulit, dan lain-lain. 

Sumber 
Cahyono, Bambang. 2007. Pisang: Budidaya dan Analisis Usaha Tani. Kanisius, Yogyakarta. 
Rukamana, Rahmat. 2006. Usaha Tani Pisang. Kanisius, Yogyakarta. 

Artikel Terkait:

4 comments:

  1. Blog anda keren.. dukung kami mengawal kebijakan Pertanian Indonesia

    ReplyDelete
  2. mantap buat pengehetahuan petani indonesia

    ReplyDelete
  3. makasih yah artikelnya
    http://obattipes.xyz/

    ReplyDelete