Sunday, January 27, 2013

Laporan Praktikum: Poliploidisasi


       Pada kondisi-kondisi tertentu, spesies-spesies baru dapat muncul hampir secara instan, hal ini terjadi ketika kromosom-kromosom individual secara spontan melipatganda menghasilkan jumlah set yang ganda, tiga kali lipat atau bahkan delapan kali lipat dari jumlah biasa. Organisme-organisme semacam ini tidak dapat kawin dengan sesama anggota spesiesnya yang normal, namun dapat kawin dengan sesama poliplod. Spesies poliploid jarang terdapat pada dunia hewan, tapi umum di antara tumbuhan berbunga. Hal ini disebabkan tumbuhan seringkali bereproduksi dengan cara pembuahan sendiri sehingga satu poliploid tunggal dapat menghasilkan keturunan yang fertil. Tingkat ploidi yang lebih tinggi daripada tetraploid tidak mungkin ditemukan dalam populasi-populasi alamiah, tapi sebagian tanaman pangan merupakan poliploid. Terkadang, suatu jaringan terspesialisasi di dalam diploid akan menjadi poliploid (Yuwono, 2008).
            Poliploidi merupakan gejala yang umum dan tersebar luas dalam tumbuhan. Pengaruh poliploidi pada berbagai kelompok tumbuhan bervariasi, tetapi ada satu akibat dari poliploidi yang tetap adalah adanya penambahan ukuran sel. Poliploid berhubungan dengan perubahan
densitas dan ukuran stomata. Berdasarkan jumlah bilangan dasarnya maka derajat ploidinya berturut turut adalah 2x (diploid), 3x (triploid), 4x (tetraploid), 5x (pentaploid), 6x (heksaploid) dan 7x (septaploid). Selama penggandaan genom peristiwa aneuploidi lebih sering terjadi pada jenis poliploid. Jenis poliploid lebih toleran dalam kehilangan kromosom. Kehilangan kromosom tidak merugikan pertumbuhan sel, sebab keseluruhan set dari gen tetap terdapat dalam genome. tumbuhan poliploid lebih mampu berkoloni di daerah baru dan tahan terhadap habitat yang berbeda dengan tumbuhan diploidnya. Meningkatnya peristiwa poliploidi dan teradaptasinya tumbuhan berderajat ploidi tinggi pada daerah yang berelevasi tinggi diduga karena turunnya temperatur. Sesuai dengan hipotesis Love yang menyatakan bahwa temperatur dan faktor lingkungan lain yang terkait dengan ketinggian tempat berperan dalam poliploidisasi tumbuhan (Perwati, 2009).
            Pada meiosis abnormal, pemisahan kromosom berlangsung tidak wajar sehinggal menghasilkan kromosom yang seperti semula (2n). Jika gamet (2n) terkombinasi dengan gamet lain dari hasil meiosis normal, akan dihasilkan satu zigot ekstra atau zigot ini dikatakan memiliki triple kromosom. Namun, suatu individu yang jumlah kromosomnya telah melebihi jumlah tertentu biasanya sulit untuk hidup normal. Daya tahan suatu organisme terhadap autopliploid ini cukup bervariasi. Selain secara alami, poliploid dapat dilakukan secara buatan, yaitu memlalui induksi zat-zat kimia atau dengan perilaku perbedaan panas dan dingin menggunakan suhu tertentu. Zat kimia yang umum digunakan yaitu kolkisin. Tanaman aloploid memiliki genom yang berbeda baik tingkat marga, jenis dan anak jenis (Lamkey dan Lee, 2006).
            Jumlah kromosom suatu individu pada umumnya akan tetap selama individu hidup dalam keadaan normal, tetapi apabila terdapat pengaruh luar, sepeti penyinaran radioaktif, pemberian kejutan suhu tinggi dan zat mutagenik misalnya kolkisin, maka struktur dan jumlah kromosom akan berubah. Apabila individu baru tersebut memiliki struktu dan jumlah kromosom yang berbeda dibanding individu normalnya, maka individu tersebut dapat dikatakan suatu mutann. Salah satu kriteria utama menentukan suatu individu telah mengalami perubahan ploidi dari diploid menjadi poliploidi adalah dengan cara menghitung jumlah dan set kromosomnya (Crowder, 2010).
sumber:
Crowder,L.V. 2010.Genetika Tumbuhan. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Lamkey,Kendal dan Lee,Michael. 2006.Plant Breeding.Blackwell Publishing.Mexico.

Perwati,Lilih Khotim.2009.Analisis derajat ploidi dan pengaruhnya terhadap variasi ukuran stomata dan spora pada Adiantum raddianum.Jurnal Bioma 11:39-44.

Yuwono,Triwibowo.2008.Biologi Molekular.Gelora Aksara Prataman.Bandung.


2 comments:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan colchicine 100ml untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agri

    ReplyDelete