Thursday, January 17, 2013

Penyakit Tanaman Tomat yang Disebabkan Bakteri

Pada dasarnya, penyakit pada tanaman tomat dapat disebabkan oleh cendawan dan juga disebabkan oleh bakteri. Berikut adalah penyakit pada taaman tomat yang disebabkan oleh bekteri:
1.   Penyakit layu
Penyebab: Pseudomonas solanacearum (E.F. Sm) E.F.Sm. Gejala: tanaman yang diserang penyakit ini lebih cepat layu. Tanaman yang telah terinfeksi daunnya masih hijau tetapi kemudian tiba-tiba layu, terutama pucuk daun yang masih muda, dan daun bagian bawah menguning. Tanaman yang terinfeksi menjadi kerdil, daun menggulung ke bawah, dan kadang-kadang terbentuk akar adventif sepanjang batang tomat. Tanaman yang terserang biasanya akan roboh dan mati.

2.   Kerak bakteri, bercak bakteri
Gejala: adanya bercak berair kecil pada daun dan batang; bercak berair ini akan mengering, cekung dan berwarna coklat keabu-abuan garis tengah 1-5 mm; tanaman tomat yang terserang daun-daunnya mengeriting ke bawah dan mengering; batang yang terluka menyerupai kerak panjang dan berwarna keabu-abuan; daun yang terserang mengalami klorosis dan gugur; pada buah yang terserang mula-mula kelihatan bercak berair, kemudian berubah menjadi bercak bergabus.
           Pengendalian penyakit tersebut harus segera dilakukan agar tanaman tidak mengalami kerusakan parah yang juga berakibat pada kerugian secara ekonomi.

1 comment: